Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

Search Engine Optimization SEO

worldwideptr.com

Minggu, 06 Desember 2009

Menghindari Virus untuk Komputer/Laptop

Tulisan ini saya buat hanya untuk anda (yang mungkin...) dan saya sendiri masih awam akan keberadaan virus pada komputer/laptop kita. Sebab, saya dan kawan kerja saya pernah mengalaminya. Jadi, selain berdasarkan karena pengalaman, saya buat tulisan ini juga untuk membagi sedikit pengetahuan yang saya baca dari sebuah buku. Karena itu, tulisan ini saya sadur dari sebuah buku yang menangani masalah virus tersebut. Bagi yang sudah paham betul, mungkin mereka sudah tahu seluk-beluknya mengenai bentuk dan cara kerja virus...(pasti,dong...).
Dalam buku tersebut ditulis, kalo pengguna awam katanya masih belum memahami,macam mana bentuk dan cara kerja virus saat menyerang komputer/laptopnya,wow...
Virus komputer pada dasarnya adalah sebuah program, karena virus yang saya tahu, bisa kita juga buat sendiri (kalo sudah paham), dan juga sama halnya dengan program komputer seperti paint, notepad, wordpad, dan program berbasis windows lainnya.Program virus dibuat dengan tujuan untuk merusak sistem komputer.
Lalu,bagaimana cara kerja virus ini? Yang pertama adalah manipulasi (waduh...).
Katanya,walau virus itu merupakan sebuah program, dia dapat menyamarkan dirinya menjadi sebuah dokumen berupa word, file audio, file video, atau dalam bentuk apapun untuk menipu pengguna yang awam akan komputer, sehingga kita tertarik untuk "meng-klik" dan mengaktifkan virus tersebut.
Nah...kalo virus sudah masuk,dia akan "berenang-renang" di dalam memory komputer kita, sama seperti virus biologis yang "berenang" di dalam darah kita. Kemudian, virus komputer itu akan memantapkan dirinya untuk bertempat tinggal di komputer dengan cara mengubah registry windows dan semua sistem  star-up windows, sehingga setiap kali komputer  Anda hidupkan, maka virus ini akan "terbangun" dan aktif kembali.

Lalu,apa tugas akhir dari virus tersebut? Tugas akhir mereka adalah merusak dan mengacaukan sistem komputer. Gejala-gejala yang biasa timbul bila komputer terserang virus adalah sistem operasi windows dari komputer akan berjalan dengan sangat lambat, sering restart, sering keluar kotak dialog error dan sebagainya.
Apa bila hal seperti ini terjadi pada komputer Anda, langkah kita biasanya lebih baik mencegah virus itu masuk dari pada nantinya merusak sistem komputer kita, iyakan...? Nah...lalu bagaimana caranya? Caranya adalah...Anda harus bisa membedakan dokumen asli atau berisi virus, file multimedia asli atau berisi virus, sehingga dengan demikian komputer Anda dapat terhindar dari virus. Namun, apa bila Anda tidak mau repot dengan hal-hal seperti itu, maka lebih baik Anda beli anti virus yang sudah ada di pasaran atau instal program antivirus dari cd kawan (kalo ada...) untuk komputer Anda. Lakukan update antivirus setiap saat dari internet, dan lakukanlah "scanning" sebelum membuka sebuah file, sehingga komputer Anda terhindar dari virus.

Setelah itu, virus tersebut akan menggandakan dirinya sebanyak mungkin ke dalam komputer dan berbagai media seperti Internet, flash disk, disket dan sebagainya, dengan menginfeksi file-file yang menjadi sasarannya. Dan biasanya, yang menjadi sasaran virus tersebut adalah file-file yang di buat oleh Microsoft Office, seperti word, excel, powerpoint dan sebagainya. Dan beberapa file multimedia, seperti mp3 atau wma. Kemudian, file-file tersebut akan berubah menjadi virus setelah terinfeksi.

0 komentar: