Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

Search Engine Optimization SEO

worldwideptr.com

Selasa, 15 Desember 2009

Mengelola Uang Sejak Dini

Bagi sebagian orang tua,apalagi yang mempunyai keuangan yang pas-pasan,terkadang membuat pusing kepala,bagaimana tidak?
Jika bagi para orangtua yang menjadi pekerja di sebuah perusahaan,yang hanya mendapat gaji pas-pasan tiap bulannya,terkadang hal ini bisa menjadi pemicu stres,karena gaji tiap bulan selalu kekurangan alias nombok! Kebutuhan makin hari makin bertambah,harga bahan kebutuhan pokok makin lama makin naik. Belum lagi kebutuhan untuk anak-anaknya,untuk sekolahnya ataupun untuk uang jajannya sehari-hari. Nah...disini saya akan coba sedikit memberi tips untuk mengelola keuangan bagi anak,yang mungkin juga bisa berguna bagi anda semua yang belum mengetahui caranya.
Sebagai orangtua yang baik dan bijak,orangtua tidak hanya berkewajiban memenuhi semua kebutuhan anaknya. Karena,untuk idealnya orangtua juga harus bisa mengajarkan pentingnya manajemen keuangan bagi anak-anak,sedini mungkin. Dan berikut tipsnya agar anak menghargai jerih payah orangtuanya mencari uang.
1.Catat kebutuhan sehari-hari anak,seperti uang jajannya atau transpot untuk dia berangkat sekolah (jika kita tidak mengantarnya!). Misalnya,kebutuhan sehari anak hanya Rp.6.000,-. Cobalah untuk memberikannya untuk pemakaian dua hari,jadi Rp.12.000,-. Dan katakan pada si anak,uang itu bisa/cukup untuk digunakan selama dua hari. Untuk kebutuhan lain,seperti buku,jangan anda perhitungkan dulu bersama uang jajannya.
2.Jika uang itu tidak bisa/cukup digunakannya untuk jajan,jangan Anda marahi. Seorang anak,terkadang memang belum bisa untuk berhemat. Coba Anda beri anak pengertian kemudian untuk keesokannya,beri kembali si anak uang jajan dengan nominal yang sama,jika untuk saat itu dia bisa membuat uang itu cukup (apalagi ada lebih), pujilah si anak. Sebab,terkadang dengan sebuah pujian kecil,si anak akan merasa tersanjung dan merasa bahwa apa yang telah dilakukannya bisa membuat orangtuanya senang.
3.Saat Anda telah mengelola kedua hal di atas,dengan memberi jatah harian,saatnya anda mencoba memberi jatah uang jajan mingguan. Nah...biasanya,apabila uang mingguan kita berikan secara langsung kepada si anak,pastinya nominalnya akan lebih besar dan pastinya si anak jadinya punya keinginan untuk cepat beli ini itu,karena dia merasa uangnya banyak dan karena dia belum biasa dengan jatah mingguan. Apa bila hal itu terjadi,sebagai orangtua,Anda harus tetap terus melatihnya sampai si anak bisa menggunakan uangnya sesuai kebutuhan yang diperlukannya saja dan yang penting-penting saja.
4.Cobalah Anda belikan dompet dan tuntunlah agar anak bisa mengambil uang dari dompet seperlunya saja. Akan lebih baik pula bila Anda membelikannya celengan,untuk menabungkan sisa uang jatahnya. Bisa juga,apa bila diperlukan,iming-imingi si anak sesuatu,misalkan dengan pergi ke mall atau dibelikan mainan kesukaannya,jika anak mau dan bisa menggunakan jatah uangnya sesuai dengan waktu yang kita tentukan.
Hal-hal di atas bila kita lakukan dengan sabar dan telaten,anak makin hari akan menghargai arti uang,sekecil apapun. 

0 komentar: