Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

Search Engine Optimization SEO

worldwideptr.com

Senin, 07 Desember 2009

10 Jurus Atasi Virus dan Worm

Ada pepatah mengatakan,"Mencegah lebih baik dari pada mengobati". Pepatah ini ternyata berlaku juga di dunia komputer. Yah...dari pada mengeluarkan terus biaya yang besar untuk mengobati komputer, akan lebih baik kita sedini mungkin melakukan pengamanan yang dapat menjauhkan komputer kita dari serangan virus.
Dalam tulisan ini, saya akan mencoba memberikan sepuluh jurus untuk meghindari serangan virus dan worm pada komputer:

1.Selalu melakukan Scan pada disket yang kita pakai dalam PC.
Meski tampaknya hal ini terlihat sepele, tetapi hal kecil ini akan membantu kita melindungi komputer dari serangan virus yang ditularkan melalui perilaku tukar-menukar disket. Jika sebuah PC terinfeksi virus, maka disket yang dimasukkan kedalamnya, kemungkinan besar akan terinfeksi virus juga. Karena itu,jangan sembarangan membuka disket punya teman pada PC Anda, sebelum Anda melakukan scanning terlebih dahulu terhadap disket tersebut. Jika ternyata program scandisk yang Anda lakukan dapat mendeteksi keberadaan virus tetapi tidak dapat menyembuhkannya, jangan memaksa untuk membuka file pada disket tersebut. Karena, ini juga bisa menjadi sebuah peringatan untuk Anda, supaya segera melengkapi komputer Anda dengan penangkal virus.
2.Scan juga CD yang masuk ke dalam CD drive Anda.
Meski tampaknya CD merupakan barang yang tampak lebih eksklusif dan aman, tetapi CD ternyata juga memiliki potensi yang sama seperti disket, dapat menularkan virus. Karena itu, janganlah lengah! Tetap lakukan scan terhadap sebuah CD yang akan dipasang pada komputer Anda, sekalipun CD itu baru dibeli dari toko.
3.Lakukan scan terhadap harddisk Anda, tiap kali akan mulai dengannya.
Sebagaimana balita yang selalu diperiksa kesehatannya, PC juga harus selalu dipantau, apakah masih sehat atau telah terinfeksi oleh virus. Lagi pula, dengan melakukan kegiatan scan terhadap harddisk sebelum memulai suatu pekerjaan, Anda mengurangi resiko gangguan yang diakibatkan oleh virus selama proses kerja Anda. Selain itu, juga untuk memperkecil peluang terjadinya kerusakan pada file Anda.
4.Proteksi disket/flashdisk Anda, jika Anda memasukkannya ke dalam PC orang lain.
Seperti yang telah disebutkan di atas, jika Anda terpaksa harus memasukkan disket/flashdisk milik Anda ke dalam komputer orang lain, maka disket/flashdisk Anda perlu diproteksi terlebih dahulu. Dengan konsekuensinya, Anda tidak dapat melakukan perubahan pada file yang tersimpan dalam disket/flashdisk tersebut.
5.Jangan sembarangan mendownload attachment.
Saat ini, banyak jenis worm yang mengirimkan copy dirinya dalam bentuk attachment e-mail. Misalnya Worm Miss World. Karena itu, Anda jangan sembarangan membuka attachment jika alamat pengirimnya tidak Anda kenal. Bahkan, meskipun Anda mengenali alamat pengirim, jika tidak ada kesepakatan sebelumnya bahwa orang tersebut akan mengirimkan e-mail berikut attachment, sebaiknya Anda menghapus saja attachment tersebut. Karena banyak pencipta Worm, memanfaatkan keingintahuan seseorang agar mau membuka file attachment maut tersebut. Misalnya virus Jennifer Lopez dan Worm Miss World yang dikatakan memuat gambar bugil Jennifer Lopez dan gambar Miss World dalam kostum bikini.

6.Selektif dalam membuka e-mail.
Begitu juga dengan hukum yang berlaku dalam membuka e-mail, sejumlah virus dan worm menduplikasi dirinya dan mengirimkan copy e-mail tersebut pada seluruh email yang tertera pada address book Microsoft Outlook Express komputer yang diserangnya. Dengan demikian, si calon korban tidak akan menaruh kecurigaan dan dengan segera akan membuka e-mail beracun tersebut. Jika Anda menerima e-mail dari seseorang yang Anda kenal, tetapi dengan subyek yang aneh, lebih baik Anda hapus saja e-mailnya. Kecuali Anda berdua memang sudah membuat janji sebelumnya.
7.Memasang dan selalu meng-update program antivirus pada komputer Anda.
Terkadang, orang yang masih awam dibidang komputer, akan merasa sudah aman jika sudah memasang program Norton atau McAfee. Anggapan itu salah! Program antivirus memiliki kadaluwarsa seperti makanan kaleng (baru tahu,yah...?). Anda harus selalu meng-update program antivirus, karena program antivirus yang sudah expired, tidak akanpunya gigi lagi untuk menahan serangan virus pada komputer Anda.
8.Selalu mengikuti perkembangan berita terbaru tentang virus.
 Selain memiliki masa kadaluarsa, program antivirus ini juga harus selalu mengalami update sehubunga dengan virus-virus baru yang terus di-release. Para ahli terus menerus melakukan pengembangan untuk menandingi pencipta virus yang lebih ganas dari hari ke hari. Anda harus rajin mengikuti berita perkembangan virus yang terbaru. setelah itu, Anda dapat mencari di Internet perusahaan antivirus terbaru yang telah meng-update produknya untuk mengantisipasi serangan virus baru tersebut. Banyak sekali perusahaan software antivirus yang menyediakan fasilitas download gratis dari Internet.
9.Men-download Microsoft Outlook Security Patch ke dalam komputer Anda.
Sebagaimana diketahui, tidak ada program software yang sempurna. Maksudnya, pasti ada bug atau titik lemah di dalam software itu. Demikian juga halnya yang terjadi dengan aplikasi Microsoft Outlook Express. Dengan men-download Microsoft Outlook security patch ke dalam sistem komputer Anda, berarti Anda telah telah menanggulangi bug yang ada pada program ini. Berkat bantuan program kecil ini, kinerja dari "satpam" Microsoft Outlook Express menjadi lebih maksimal dalam menjaga komputer Anda dari virus atau worm yang menyerang dengan memanfaatkan Address Book Microsoft Outlook Express.
10.Menonaktifkan Windows Scripting Host.
Banyak virus yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Visual Basic di bawah sistem Windows. Untuk memperkecil serangan, Anda sebaiknya menonaktifkan program yang berfungsi untuk mengotomatisasi suatu fungsi. Namun demikian, perlu diingat bahwa tidak semua virus berbahasa VBS dapat ditahan dengan menonaktifkan program ini.
Nah...itulah 10 jurus dalam menangani virus pada komputer anda. Semoga tulisan tersebut bermanfaat bagi kita semua.






disadur dari sebuah buku karya:

0 komentar: